Luffy - One Piece

Jumat, 21 November 2014

movies review : Donnie darko (2001)

Donnie Darko (2001)

 Sutradara: Richard Kelly
Penulis: Richard Kelly
Dibintangi: Jake Gyllenhaal, Jena Malone, Marry McDonnell
Genre: Drama, Misteri, Sci-Fi


Diantara banyak film mindfuck aka film njelimet, film yang satu ini termasuk yang sering disebut dan direkomendasikan. Dari judul, cover, dan beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan orang2, terdengar film ini mempunyai ke-njelimet-an yang lumayan bikin penasaran

Film bercerita tentang Donnie Darko. Remaja yang punya masalah tidur berjalan dan halusinasi. Selain harus berkonsultasi pada dokter/psikiater dia menjalani kehidupan normal seperti bersekolah, jatuh cinta, dan bermain bersama teman2nya. Tentu saja dia menjadi anak paling unik diantara teman2nya dan harus mengalami beberapa peristiwa ajaib dan misterius.

Lingkup cerita ternyata hanya tentang keluarga dan pertemanan dan percintaan dengan bumbu2 time traveller dan beberapa teori fisika yang sulit saya pahami serta filosofi2 yang cukup kena. Sebelumnya saya kira filmnya akan sangat abstrak dan buat kita mikir terus. Bagi saya tidak seabstrak Pulp Fiction atau Memento yang waktu kelar filmnya kita masih bertanya pada diri sendiri 'nih film nyeritain apa sih?'. Donnie Darko lebih mirip Butterfly Effect yang plotnya cukup membingungkan dengan dialog2 misterius namun ketika film mencapai klimaks dan tamat kita sadar ternyata adegan2 membingungkan di awal memang puzzle2 yang akan menjadi petunjuk bagi endingnya. Atau kata singkatnya ada kesimpulan dari si film.

Sinematografi dan macam2nya saya rasa biasa. Akting dan dialog lebih mendominasi. Ada beberapa effect dipakai dalam film, tidak banyak tapi memang berhubungan dengan cerita. Akting Jake Gyllenhaal cocok banget meranin Donnie.

OST-nya bagus. Irama lagu2nya nyambung sama film. Dan musik latarnya mirip musik film2 alien. Hal ini yang menurut saya akan sangat memorable. Film drama ruwet keluarga dengan musik alien; berarti itu Donnie Darko.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar