Luffy - One Piece

Sabtu, 14 Februari 2015

10 Film yang Dapat Merubah Pemahaman tentang Kehidupan







Setiap film memiliki kemampuan untuk mempengaruhi pemirsa yang berbeda, dimana beberapa film bisa membangkitkan rasa heran, kagum dan gembira, sementara film lainnya bisa memprovokasi rasa takut atau sedih, namun mereka memiliki suatu kesamaan yaitu tema alias menyampaikan pesan bagi pemirsanya.

Berikut ini sepuluh film yang  bisa mengubah cara anda memandang kehidupan yaitu :

10) Donnie Darko
Donnie Darko yang dibintangi Jake Gyllenhaal, mengisahkan seorang remaja bermasalah yang merasa kesepian, terasing dan mempunyai keinginan untuk sebuah persahabatan dan mengambil beberapa realitas dan alam  semesta dengan mengeksplorasi konsep semesta, lubang hitam  dan alternatif jadwal



Image result for donnie darko

9) The Matrix
The Matrix adalah sebuah film yang mengkombinasikan pikiran filsafat dengan tindakan cerdas, dibintangi  oleh Keanu Reeves sebagai Neo, seorang pekerja kantoran di siang hari dan menjadi hacker dimalam hari menceritakan grand ilusi, kenyataan yang palsu. Film ini menggambarkan konsep kebangkitan spiritual dimana Neo terbangun dengan kenyataan bahwa seluruh hidupnya telah diperbudak oleh sistem matrix, diajarkan tentang potensi tak terbatas sebagai pencipta kesejahteraan dan berdiri melawan kekuatan gelap. The Matrix memiliki banyak hal yang ditawarkan berupa potensi untuk mengubah cara anda memahami dunia tempat kita hidup. 



8) Waking Life
Waking Life dibuat dalam bentuk animasi, sangat menyolok dan absurd menggambarkan batas antara mimpi Negara dan kenyataan yang menjadi kabur sebagai protagonis mengembara lewat berbagai skenario dan berinteraksi dengan pemain yang berkarakter. Setiap karakter memperlihatkan ilmu pengetahuan dan filsafat, dengan karakter utama mengalami mimpi berkepanjangan dan kekhawatiran tidak akan terbangun.


7) Cloud Atlas
Cloud Atlas sebuah film kolosal dengan 6 alur cerita terjalin yang mencakup ratusan tahun, menggambarkan “sebuah eksplorasi bagaimana dampak tindakan individu satu sama lain, dimasa lalu, sekarang dan masa depan, sebagai suatu jiwa dibentuk dari seorang pembunuh menjadi pahlawan dan tindakan kebaikan di abad ini untuk menginspirasi revolusi”. Tema yang disampaikan adalah menggali teori reinkarnasi, bahwa aspek keabadian diri kita membanggakan dimana jiwa mengalami kehidupan dan mengeksplorasi konsep karma dan siklus nya dan menunjukan bahwa tindakan kita dalam suatu masa akan bergema ke kehidupan kita dimasa mendatang.



6) Spring, Summer, Fall, and Winter
Adalah film Korea yang menceritakan kisah perjalanan seorang biksu disebuah biara yang mengapung di sebuah danau dihutan yang masih asli, bagaimana biarawan melewati hidupnya dengan perubahan disetiap musim, sejak kecil hingga tua. Setiap perubahan musim merupakan metafora yang indah dan suatu pelajaran , Film ini sangat tenang, dan berbicara untuk dirinya sendiri mencakup pengalaman manusia termasuk cinta, cemburu, pembunuhan, bunuh diri dan penebusan dan mengajarkan hal2 penting sulitnya menangkap kebijaksanaan. Film ini mengajarkan bagaimana mengambil hikmah dari suatu kesalahan seseorang dirubah menjadi orang yang lebih baik.
 

5) Samsara
Samsara yang dimaknai sebagai “terus menerus mengalir”,  mengacu kepada kelangsungan siklus hidup dan mati, pembusukan dan pembaharuan. Film Samsara, menceritakan suatu ide yang dirubah menjadi konsep yang luas, aliran gambar alam dan gelombang manusia dan membawa penonton kepada rentetan beragam citra yang bergeser dengan cepat  dari suatu lokasi dan satu tema ke lokasi dan tema berikutnya. Penonton diberi kesempatan untuk mengamati kehadiran dunia kita dengan utuh, dengan kecenderungan budaya yang bergerak lambat dalam perjalanan kehidupan manusia dan memberikan perspektif yang baru bagi pengalaman manusia. 
 

4) Detasemen
Detasemen, menceritakan pengalaman kehidupan beberapa Guru SMA, administrator dan siswa dalam kaca mata seorang guru pengganti bernama Henry Barthes yang diperankan oleh Andrien Brody.  Ketika Barthes sedang menyampaikan pengetahuan penting untuk siswa ternyata terganggu oleh hadirnya tiga wanita dalam hidupnya, yaitu pelacur yang rusak dan naïf, sesama guru dan siswi remaja yang bermasalah. Ketiga wanita ini sangat mempengaruhi kehidupan Barthes dan memaksanya untuk kembali menemukan aspek kepribadian sendiri yang kedua kali setelah kejadian tragis bunuh diri ibunya dan ancaman kematian kakeknya.
Film ini adalah gambaran dari karakter seorang pria dan kegagalan sistem pendidikan dan sistem sosial yang mengisi kehidupannya.


3) Her
Her, menceritakan seorang Theodore diperankan oleh Joaquin Phoenix, introvert pria paruh baya, kesepian yang baru mendengar OS1, system operasi cerdas didunia. Ketika bertemu dengan Samantha yang diperankan oleh Scarlett Johansson, yang memiliki suara menawan OS1, dan menemukan keromantisan dirinya yang menjadikannya dekat dengan Samantha.  Tema yang disampaikan senada dengan budaya2 yang terobsesi teknologi masa kini.  Kita begitu dekat dengan ponsel, laptop, tablet dan mulai kehilangan aspek penting kehidupan yaitu interaksi manusia yang otentik. Theo mengungkapkan bagaimana teknologi mendorong kita pada isolasi dan kesepian yang kian menakutkan dan kita harus mempertimbangkkannya.



2) Fight Club
Fight Club, mengajarkan banyak hal yang ditampilkan, berupa kesadaran penting dari menonton film adalah kekosongan yang berisi konsumerisme dan materialisme. Film ini juga mempertanyakan keterikatan identitas kita dengan rasa percaya diri dan mampu mengejutkan pemirsa ketika menemukan bahwa “revolusi” yang dibangun hanyalah sebuah sindiran yang mengajarkan sisi kemanusiaan sebagai karakter utama. 



1)Life is Beautiful
Life is Beautiful mengungkapkan optimisme dan persepsi disaat kegelapan.  Film ini menceritakan perjuangan seorang ayah untuk melindungi anak dan keluarganya dari kengerian Perang Dunia kedua, mengajarkan bagaimana melestarikan seorang anak tidak bersalah dapat melindungi kita dari masalah kehidupan, sebuah konsep sederhana nan indah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar