Luffy - One Piece

Selasa, 05 Mei 2015

8 komik terlaris sepanjang masa

8. Dragon Ball

Komik Terlaris di Dunia dragon ball
Anak Indonesia era 90-an pasti akrab dengan kartun Son Goku yang ditayangkan di sebuah TV swasta. Serial tersebut diadaptasi dari komik Dragon Ball karya Akira Toriyama. Komik tersebut terbit pada tahun 1984 dan tamat pada tahun 1995. Awalnya, Dragon Ball diterbitkan di Shonen Jump sebanyak 519 chapter. Sejak dirilis, Dragon Ball telah menjadi manga paling sukses di Jepang. Dragon Ball berhasil terjual sebanyak 156 juta kopi di Jepang dan lebih dari 200 juta kopi di seluruh dunia.

7. Tintin

Komik Terlaris di Dunia Tintin
Sumber: mombcomics.com
The Adventure of Tintin merupakan karya kartunis Belgia, Georges Remi, yang menggunakan nama pena Hergé. Pada abad ke-20, Tintin berada di jajaran komik Eropa terpopuler di dunia. Seri pertama Tintin muncul pertama kali di Prancis pada 10 Januari 1929 di kolom remaja surat kabar Le Vingtième Siècle. Serial Tintin semakin populer, hingga pada 1950, Hergé mendirikan Studios Hergé yang memproduksi 24 volume komik Tintin. Pada perayaan ulang tahun Hergé tahun 2007, Tintin telah diterbitkan ke dalam 70 bahasa dengan penjualan lebih dari 200 juta kopi.

6. Captain America

Komik Terlaris di Dunia Captain America
Sumber: atlastales.com
Tokoh Captain America diciptakan oleh kartunis Amerika, Joe Simon dan Jack Kirby. Serial tersebut pertama kali muncul pada komik Captain America #1 bulan Maret 1941 yang diterbitkan oleh Timely Comics—belakangan berganti nama menjadi Marvel Comics. Di era Perang Dunia II, Captain America adalah karakter Timely Comics yang paling digandrungi. Meski sempat merosot popularitasnya pasca-perang, Marvel Comics kembali mengangkat Captain America pada tahun 1964. Saat ini, komik Captain America telah terjual lebih dari 210 juta kopi.

5. X-Men

Komik Terlaris di Dunia X-Men

Siapa tak tahu X-Men? Sejak kemunculan perdananya tahun 1963, para mutant superhero yang dipimpin oleh Profesor X tersebut telah muncul di berbagai film layar lebar, serial TV, dan video game. Komik Marvel karya Stan Lee dan Jack Kirby tersebut saat ini telah terjual lebih dari 270 juta kopi di seluruh dunia.

4. One Piece

Komik Terlaris di Dunia One Piece
Sumber: animevice.com
Di peringkat keempat komik terlaris sepanjang masa, ada One Piece karya Eiichiro Oda. Komik tersebut merupakan satu-satunya komik Jepang yang penjualannya berhasil melampaui Dragon Ball. Sejak pertama kali terbit pada tahun 1997, kini One Piece telah sampai pada volume 73, dan masih terus berlanjut. Kesuksesan One Piece didukung oleh adaptasinya ke dalam film layar lebar dan anime. Angka penjualannya? Sangat fantastis, yaitu 345 juta kopi di seluruh dunia!

3. Spider-Man

Komik Terlaris di Dunia Spider-Man
Kemunculan perdana Spider-Man pada tahun 1962 membuat gebrakan di dunia komik Amerika. Ketika semuasuperhero memiliki tokoh sidekick, Peter Parker hadir seorang diri dengan kekuatan supernya untuk memberantas kejahatan. Spider-Man juga tidak memiliki mentor seperti Captain America maupun Batman. Ketika belajar mengendalikan kemampuannya, ia selalu berpegang pada pesan pamannya, “With great power there must also come great responsibility”. Komik ciptaan Stan Lee dan Steve Ditko tersebut berhasil mencuri hati banyak pencinta komik.Spider-Man telah diadaptasi ke dalam sejumlah film live-action dan video game. Penjualan komiknya sendiri saat ini telah mencapai angka 360 juta kopi di seluruh dunia.

2. Batman

Komik Terlaris di Dunia Batman
Sumber: animg.com
Batman adalah identitas rahasia Bruce Wayne, pengusaha kaya dan filantropis Amerika. Setelah menyaksikan kedua orangtuanya dibunuh ketika masih kecil, ia bersumpah untuk selalu menegakkan keadilan. Komik keluaran DC tersebut memulai debutnya pada bulan Mei 1939. Angka penjualan Batman tetap tinggi hingga saat ini berkat dukungan film-film adaptasinya yang selalu menjadi box office. Kini, komik karya Bob Kane dan Bill Finger tersebut telah terjual sebanyak 460 juta kopi di seluruh dunia.

1. Superman

Komik Terlaris di DUnia Superman
Superman tidak hanya sekadar tokoh superhero dalam komik. Bagi orang Amerika, ia juga merupakan ikon pembela kebenaran. Komik Superman diciptakan oleh Jerry Siegel dan Joe Shuster, pelajar yang tinggal di Cleveland, Ohio, pada tahun 1933. Karakter Superman kemudian dibeli oleh DC Comics dan berturut-turut muncul di serial radio, program televisi, dan video game. Eksistensinya selama beberapa dekade berhasil mendongkrak penjualan komik Supermanhingga lebih dari 600 juta kopi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar