Luffy - One Piece

Rabu, 08 April 2015

5 Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat

Kalau membicarakan film mahal, mungkin akan terpikirkan untuk menyebut King Kong (243 juta dollar AS), Avatar (254 dollar AS), atau Titanic (286 juta dollar AS). Semua biaya produksi itu memang besar. Tapi film animasi tak kalah besarnya.
Dalam pembuatannya, para produsen animasi seperti Dreamworks, Pixar Animation Studios dan Walt Disney bersaing memasang aktor papan atas sebagai pengisi suaranya. Sebut saja Tom Hanks yang menerima bayaran 50 ribu dollar AS untuk film Toy Story. Berkat kesuksesan film tersebut, penghasilan Hanks menaik menjadi 5 juta dollar AS untuk Toy Story 2 dan 15 juta dollar AS untuk Toy story 3. SementaraOwen Wilson dibayar 2,5 juta dollar AS untuk Pixar Cars 2. Besar kan?
Tak heran bila budget untuk memproduksi sebuah film animasi juga amat besar. Berikut ini lima film animasi dengan biaya produksi termahal.
1. Tangled - 274 Juta Dollar AS
Deretan Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat
Dirilis pada tahun 2010, Tangled adalah film animasi yang paling mahal saat ini, biaya 274 juta dollar AS untuk memproduksinya. Tangled juga dikerjakan dalam waktu yang relatif lama, yaitu enam tahun. Selama itu film ini diwarnai kontroversi perubahan nama (dari Rapunzel ke Tangled untuk menarik penonton lebih luas), dan pembuatan program simulasi rambut sempurna untuk rambut panjang pirang berkilau Rapunzel.
Namun biaya tersebut setimpal dengan apa yang diperolehnya. Film yang dibuat berdasarkan dongeng Jerman "Rapunzel" mengeruk keuntungan sebesar 591 juta dollar AS di seluruh dunia. Selain itu, Tangled sukses dinominasikan untuk Best Original Lagu di Academy Awards ke-83.
2. Toy Story 3 - 200 Juta Dollar AS
Deretan Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat
Diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Toy Story 3 menghabiskan biaya sebesar 200 juta dollar AS untuk memproduksinya agar dapat ditonton. Namun, itu tidak seberapa dibandingkan dengan 1 miliar yang diraup oleh Pixar dari penjualan di seluruh dunia.
Toy Story 3 menjadi film animasi pertama yang menembus angka miliaran. Itu juga merupakan film paling sukses tahun 2010 dan dinominasikan untuk lima Academy Awards, termasuk Best Picture, Best Adapted Screenplay, dan Best Sound Editing,serta memenangkan Best Animated Feature dan Best Original Song.
3. Monsters University - 200 Juta Dollar AS
Deretan Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat
Prequel Monsters Inc yang sangat populer, Monsters University menelan biaya yang sama seperti Toy Story 3. Sayangnya, keuntungan yang diperolehnya tidak sesukses Toy Story 3. Monsters University hanya mampu memperoleh 743 juta dollar AS di seluruh dunia. Produsen menghabiskan beberapa minggu di rumah persaudaraan dan di kampus-kampus (seperti Harvard University, Stanford University, dan University of Alabama), mengamati kehidupan siswa, arsitektur, dan organisasi Yunani untuk menggambarkan pengalaman kuliah otentik di layar.
4. Brave - 185 Juta Dollar AS
Deretan Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat
Pixar kembali memproduksi film dengan biaya yang mahal. Pada tahun 2012, studio animasi Pixar memproduksi Brave, film yang mengangkat cerita asli di Dataran Tinggi Skotlandia tentang hubungan ibu ratu dan putrinya yang berani. Film ini diproduksi dengan biaya 185 juta dollar AS dan memperoleh keuntungan lebih dari 538 juta dollar AS.
Kesuksesan film Brave juga menapaki panggung Oscar dan Golden Globes. Brave memenangkan Academy Award untuk Best Animated Film dan Film Animasi Terbaik versi Golden Globes. Selain itu, “Brave” mencatat sejarah serba pertama untuk Pixar, yaitu protagonis wanita pertama, sutradara wanita pertama dan dongeng pertama.
5. Wall-E - 180 Juta Dollar AS
Deretan Film Animasi Termahal yang Pernah Dibuat
Mungkin salah satu film animasi yang paling konvensional Pixar adalah WALL-E. Film ini bercerita tentang robot kesepian yang dirancang untuk membersihkan bumi yang tercemar. Cerita tersebut diproduksi dengan biaya sebesar 180 juta dollar AS.  
Sisi menarik film ini terdapat pada 40 menit pertama,  dialog yang diucapkan dalam film tersebut sangat minim. Untungnya film tersebut sukses meraih 520 juta dollar As di seluruh dunia dan menerima beberapa nominasi Academy Awards, dan peringkat teratas deretan Best Movies of the Decade versi majalah TIME.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar