Luffy - One Piece

Rabu, 25 Maret 2015

10 lagu yang mengandung makna kehidupan - part 1



Semua orang pastinya memiliki playlist lagu-lagu favorit disetiap gadgetnya, tanpa terkecuali saya. Nah disini saya ingin sedikit share unek-unek tentang beberapa lagu-lagu favorit saya yang tidak hanya indah ditelinga tetapi memiliki makna-makna yang bisa menjadi bahan pelajaran untuk hidup, entah dalam hal sosial, alam, motivasi, persahabatan, rutinitas, realita bahkan paradigma. Biasanya tipe lagu yang dinikmati dan dipahami maknanya lebih evergreen dibandingkan tipe  lagu yang hanya hits pada zamannya.


1. What About Now - Daughtry (KEMANUSIAAN)

Makna : 
Lagu ini menggambarkan realitas tentang kondisi kemanusiaan yang terjadi saat ini (tentang keadilan dan ketidak-adilan) serta ajakan untuk bersatu melakukan perubahan bersama. Belum lagi bila menonton video klip diatas yang sangat menyentuh dan menggerakan jiwa kita untuk bertindak atas nama kemanusiaan. Hingga salah satu dari kita bertekad "enough is enough, I'm end of this injusticeBaby, before it's too late !! What about now? "

Reff :
What about now?
What about today?
What if you're making me all that I was meant to be?
What if our love, it never went away?
What if it's lost behind words we could never find?
Baby, before it's too late,
What about now?

2. Viva La Vida - Coldplay (KEKUASAAN / POLITIK)
Makna :
Lagu ini sebenarnya berkisah mengenai bagaimana kekuasaan/politik itu berjalan. Coldplay menggambarkannya melalui model sejarah Perang Salib, sebuah perang yang terkenal cukup panjang dalam sejarah umat manusia. Bagaimana penakluk dunia yang adil mendapatkan kekuasaannya dari penguasa sebelumnya, menjadi penguasa yang hebat, didukung dan disambut bak penguasa dunia, semua pujian mengalir bagaikan ombak mengakibatkan menjadi penguasa yang Zalim, hingga waktunya muncul pemberontakan yang menginginkan Revolusi menyeluruh, disaat itu semua kekuatan, dukungan, kekuasaan dan wibawa lenyap begitu saja meninggalkan sang penguasa. Muncullah penguasa yang baru hasil penaklukan penguasa sebelumnya. Dan menyimpulkan bahwa "sejarah selalu berputar dan terulang, bukan berjalan maju kedepan". Masih percaya dengan politik?

Reff :
I hear Jerusalem bells are ringing
Roman Cavalry choirs are singing
Be my mirror, my sword and shield
My missionaries in a foreign field

For some reason I can't explain

Once you go there was never
Never an honest word
And that was when I ruled the world

3. We Will Not Go Down - Michael Heart (KEMERDEKAAN)
Makna :
Heart memperoleh perhatian dunia ketika ia menulis lagu We Will Not Go Down, yang merupakan bentuk simpatinya atas tragedi pembantaian Israel ke Gaza dan dukungan atas kemerdekaan Palestina, akhir Desember 2008 hingga Januari 2009. Lagu ini ia sediakan secara gratis untuk di-download dari situs pribadinya, namun ia menyarankan dalam situsnya untuk memberikan donasi untuk Gaza melalui United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East. Saat mendengar lirik "But our spirit will never die, We will not go down, In Gaza tonight" semangat dan keyakinan anda akan berkobar layaknya pejuang yang siap berperang !!

Reff :
But their powerless words were in vain
And the bombs fell down like acid rain
But through the tears and the blood and the pain
You can still hear that voice through the smoky haze

We will not go down

In the night, without a fight
You can burn up our mosques and our homes and our schools
But our spirit will never die
We will not go down
In Gaza tonight

4. Cancer - My Chemical Romance (KESEHATAN)
Makna :
Lagu ini bercerita tentang seorang pasien yang menderita penyakit kanker. Lirik dalam Lagu ini diceritakan dari perspektif sang pasien. Tapi, yang lebih membuatnya sakit lagi, saat dia memikirkan bagaimana perasaan orang-orang dekat yang akan ditinggalnya.
Bait demi bait lirik lagu ini benar-benar meggambarkan sakit yang diderita oleh sang pasien. Mulai dari rambut rontok akibat kanker, efek dari chemo therapy, sampai sakit hati yang dirasakan. Menjelaskan dengan gamblang akan pentingnya kesehatan dan syukurilah masa sehat yang kita rasakan kini. Sedih rasanya!!

Reff :
Now turn away, 
'Cause I'm awful just to see 
'Cause all my hairs abandoned all my body, 
Oh, my agony, 
Know that I will never marry, 
Baby, I'm just soggy from the chemo
But counting down the days to go
It just ain't living
And I just hope you know

That if you say (if you say)

Goodbye today (goodbye today)
I'd ask you to be true (cause I'd ask you to be true)

'Cause the hardest part of this is leaving you

'Cause the hardest part of this is leaving you

5. Ode To My Family - The Cranberries (KELUARGA)
Makna :
Setiap dengar lagu ini, seperti sedang menonton sebuah video lama. Ya benar, lagu Ode to My Family bercerita tentang keluarga. Bagaimana kesabaran dan bakti orang tua kita saat membesarkan kita tanpa pamrin dilandasi dengan kasih sayang yang tulus. Terkadang memang kita sering lupa bahwa saat kita semakin bertambah tua, orang tua kita juga makin tua. Oleh karena itu sayangilah dan bahagiakanlah orang tuamu. Ode To My Family!!

Reff :
Unhappiness where's when I was young, 
And we didn't give a damn, 
'Cause we were raised, 
To see life as fun and take it if we can. 

My mother, my mother, 
She hold me, she hold me, when I was out there. 
My father, my father, 
He liked me, oh, he liked me

Tidak ada komentar:

Posting Komentar